• (021) 316 9480
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sosialisasi dan Awareness SMM Biro Perencanaan 2015

Pada Hari Kamis, 21 Mei 2015 telah dilaksanakan Sosialiasi dan Awareness Sistem Manajemen Mutu berbasis SNI ISO 9001:2008 di lingkungan Biro Perencanaan, sekaligus Deklarasi Kebijakan Mutu dan Komitmen Mutu Biro Perencanaan. Seperti diketahui Biro Perencanaan pernah mendapatkan sertifikasi SMM berbasis ISO 9001:2008 pada tahun 2005, namun demikian karena berbagai hal Sertifikasi berhenti sejak tahun 2010. Oleh karena itu mengingat bahwa SMM merupakan salah satu instrumen yang mendukung sistem tata kelola pemerintahan yang baik, Kepala Biro Perencanaan dalam sambutannya merasa perlu untuk menerapkan kembali SMM di Biro Perencanaan dengan harapan bahwa dengan adanya sertifikasi SMM berbasis SNI ISO 9001:2008, maka Biro Perencanaan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya lebih baik dibanding sebelumnya.

Dalam rangka penerapan SMM berbasis SNI ISO 9001:2008, Biro Perencanaan telah menetapkan 3 layanan utama + 1 layanan pendukung sebagai turunan dari binis proses di Biro Perencanaan yaitu :

  1. Layanan Penelitian, Penelaahan dan Penyusunan RKA-KL
  2. Layanan Penyusunan Dokumen Kerjasama DN & LN
  3. Layanan Penyusunan Evaluasi Rencana & Laporan Triwulan
  4. Layanan Peningkatan Kompetensi SDM Biro Perencanaan

Layanan ini dipilih dengan pertimbangan tingkat kepentingan layanan terhadap proses pelaksanaan tugas yang terkait dengan kebutuhan para stake holders Roren, baik intenal stakeholder maupun eksternal stakeholder. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan selaku MR (Management Representative) dalam sambutannya mengatakan bahwa penerapan SMM berbasis SNI ISO 9001 : 2008 membutuhkan komitmen semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Biro Perencanaan, yang diwujudkan dalam bentuk Deklarasi Kebijakan Mutu dan Komitmen Mutu yang di tanda tangani oleh semua pegawai Biro Perencanaan. 

 

Menurut Ir. Indra Syahriza, MM dari PT Cipta Handalan Gemilang (Change Consulting) yang diundang sebagai Narasumber Sosialisasi dan Awareness SMM ISO 9001:2008, mutu mempunyai banyak definisi , dan salah satu definisi menurut ISO 9001 : 2005 SMM Dasar dan Kosa Kata, Mutu adalah kemampuan karakteristik dari suatu produk untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan pihak terkait lainnya. Sebuah layanan dikatakan bermutu apabila produk layanan tersebut dapat memenuhi dan memuaskan penggunanya (customer). Oleh karena itu SMM harus dikaitkan dengan siapa customer Biro Perencanaan dan bagaimana customer menilai layanan Biro Perencanan terhadap kebutuhan mereka .

 

Mutu tidak muncul secara tiba-tiba oleh karena itu harus direncanakan dan dikendalikan (manajemen) oleh sebuah sistem mutu. Dari data empirik, kegagalan mutu 85% disebabkan oleh system dan 15% oleh Sumber Daya Manusia . SMM SNI ISO 9001:2008 mempunyai 8 klausul prinsip manajemen mutu yang terdiri dari 62 hal yang harus diikuti . Dalam rangka meningkatkan kualitas SMM, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 akan disempurnakan lagi menjadi SMM ISO 9001:2015 yang akan mulai berlaku pada Januari 2016 yang akan datang. Perbedaan prinsip antara SMM ISO 9001:2008 dengan ISO 9001:2015 adalah adanya 2 (dua) klausul tambahan yaitu Kepemimpinan dan Perencanaan. Dalam kepemimpinan terkandung unsur visioning, aligning, dengan maksud bagaimana agar kita bisa bekerja dengan lebih baik. Sedangkan dalam klausul Perencanaan terkandung unsur Risk Manajemen (manajemen resiko ), seberapa jauh tingkat resiko dan keparahan resiko (severity). 

 

Pada akhir acaraKepala Biro Perencanaan telah menandatanganKebijakan Mutu Biro Perencanaan dan penandatanganan Komitmen Mutu oleh seluruh pegawai Biro Perencanaan sebagai wujud komitmen untuk menerapkan SMM berbasis SNI ISO 9001:2008. Adapun Kebijakan Mutu Biro Perencanaan berisi antara lain :

Kami Segenap Pimpinan Dan Pegawai Biro Perencanaan BPPT berkomitmen dan bertekad melaksanakan tugas dan fungsi dibidang perencanaan dan pengelolaan program dan anggaran BPPT dengan mengutamakan pelayanan demi kepuasan Pengguna melalui cara :

  1. Menerapkan secara konsisten Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2008
  2. Melakukan peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia Biro Perencanaan
  3. Menjaga ketersediaan dan kehandalan data serta Sarana Prasarana untuk menjamin kemutakhiran dan kualitas layanan Biro Perencanaan
  4. Melakukan realisasi layanan Biro Perencanaan sesuai permintaan dan persyaratan Pengguna dengan mengacu kepada peraturan per Undang-Undangan yang berlaku dan standar yang terkait
  5. Melakukan pemantauan dan pengukuran kualitas layanan dalam upaya pencegahan ketidak sesuaian layanan dan melakukan tindakan perbaikan berkelanjutan

Sedangkan Komitmen Mutu Biro Perencanaan berisi sebagai berikut :

Kami segenap Pimpinan dan Pegawai Biro Perencanaan BPPT berkomitmen melaksanakan tugas dan fungsi di bidang perencanaan dan pengelolaan program dan anggaran BPPT dengan mengutamakan pelayanan prima demi kepuasan pengguna


© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Perencanaan dan Keuangan - BPPT