• (021) 316 9480
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Penandatanganan MOU BPPT - Kab. Penajam Paser Utara

Pada tanggal 17 April 2015 telah ditandatangani Kesepakatan Bersama (MOU) antara BPPT dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur oleh Kepala BPPT Unggul Priyanto dan Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar yang juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Indroyono Susilo, bertempat di Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Tujuan kerjasama adalah mengembangkan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai Kawasan National Science dan Techno Park bidang Maritim. Hal ini dimungkinkan mengingat lokasinya yang sangat strategis, berada ditengah-tengah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merupakan jalur lalu lintas perairan yang cukup ramai.

Dalam sambutannya Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan bahwa di Kawasan National Science dan Techno Park bidang Maritim tersebut akan dilaksanakan pelatihan dan transfer teknologi, sehingga akan terjalin kerjasama yang luas antara kalangan industri dan akademisi baik dari dalam maupun luar negeri sehingga dapat meningkatkan potensi produksi ekonomi maritim terutama disektor hilir. Untuk itu BPPT akan berkoordinasi dengan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kemenko. Maritim untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan guna mewujudkan pembangunan satu-satunya National Science dan Techno Park bidang Maritim di Indonesia tersebut. BPPT dengan segala sumberdaya yang dimiliki akan segera merealisasikan hal tersebut dengan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yaitu Kementerian/LPNK terkait, Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dalam sambutannya juga mengatakan bahwa National Science dan Techno Park bidang Maritim di Kabupaten Penajam Paser Utara ini merupakan proyek besar berskala nasional. Proyek tersebut akan dibiayai oleh anggaran yang berasal dari APBD, APBN dan Investor Asing. 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar dalam sambutan secara antusias mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara sepenuhnya mendukung rencana pembangunan National Science dan Techno Park bidang Maritim yang digagas oleh BPPT di wilayahnya. Hal tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan perekonomian daerah, inovasi pengembangan produk lokal dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.


© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Perencanaan dan Keuangan - BPPT