• (021) 316 9480
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

MULTILATERAL MEETING PENYUSUNAN RKP 2018 BIRO PERENCANAAN DAN KEUANGAN

MULTILATERAL MEETING PENYUSUNAN RKP 2018

Sebagai motor penggerak penyusunan program dan anggaran BPPT, Biro Perencanaan dan Keuangan telah melakukan Multilateral Meeting dengan beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas dalam rangka proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018.

Penyelenggaraan Multilateral Meeting oleh Kementerian PPN/Bappenas di Bulan April 2017 dilakukan secara terpisah dan pararel sesuai Bidang Prioritas Nasional yang melibatkan Kementerian/Lembaga (K/L) yang menjadi koordinator bidang (sesuai RPJMN), Kementerian PPN/Bappenas, Kantor Staf Presiden (KSP) serta K/L yang berkontribusi dalam Prioritas Nasional (PN).

Berbeda dengan RKP 2017 yang memiliki 23 Prioritas Nasional, RKP 2018 hanya  difokuskan pada  10 (sepuluh) Prioritas Nasional, yakni: (1) pendidikan; (2) kesehatan; (3) perumahan dan pemukiman; (4) pengembangan dunia usaha dan pariwisata; (5) ketahanan energi; (6) ketahanan pangan; (7) penanggulangan kemiskinan; (8) infrastruktur, konektivitas dan kemaritiman; (9) pembangunan wilayah; dan (10)politik, hukum, dan pertahanan keamanan.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memiliki kontribusi terhadap 9 dari 10 Prioritas Nasional (kecuali Prioritas Nasional Bidang Pendidikan). Hal ini diperkuat dengan Surat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Nomor 137/M.PPN/D.8/PP.04.02/04/2017 perihal indikasi Proyek Prioritas Rancangan Awal RKP Tahun 2018 (Pagu Indikatif).

Dengan tingkat kontribusi BPPT yang relatif tinggi terhadap Prioritas Nasional pada RKP 2018 menunjukkan bahwa eksistensi BPPT secara nasional masih sangat dibutuhkan.


© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Perencanaan dan Keuangan - BPPT