Print

7 Peran BPPT

1.  PEREKAYASAAN

Kegiatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk desain atau rancang bangun untuk menghasilkan nilai, produk dan/atau proses produksi yang lebih baik dan/atau efisien dengan mempertimbangkan keterpacuan sudut pandang dari/atau konteks teknis, fungsional, bisnis, sosiai, budaya, lingkungan hidup, dan estetika.


2.  KLIRING TEKNOLOGI

Proses penyaringan kelayakan atas suatu teknologi melalui kegiatan pengkajian untuk menilai atau mengetahui dampak dari penerapannya pada suatu kondisi tertentu.


3.  AUDIT TEKNOLOGI

Proses yang sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif terhadap aset teknologi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian teknologi dengan kriteria dan/atau standar yang telah ditetapkan serta penyampaian hasil kepada pengguna yang bersangkutan.


4.  ALIH TEKNOLOGI

Pengalihan kemampuan memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi antar lembaga, badan atau orang, baik yang berada dalam lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.


5.  INTERMEDIASI TEKNOLOGI

Merupakan upaya untuk menjembatani proses terjadinya Invensi dan Inovasi antara penghasil dan calon pengguna teknologi.


6.  DIFUSI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan efektivitas adopsi ilmu pengetahuan dan teknologi.


7.  KOMERSIALISASI TEKNOLOGI

Sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan inkubasi teknologi, kemitraan industri, dan/atau pengembangan kawasan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kesiapan dan keunggulan daerah.